Rabu, 14 Desember 2011

Stabilitas Bumi Tak Tergantung Bulan


Stabilitas Bumi Tak Tergantung Bulan

Bill Anders
Sebuah simulasi yang dilakukan sejumlah astronom dari Universitas Idaho, Amerika Serikat, membuktikan bahwa stabilitasBumi tidak tergantung bulan.

Seperti dilaporkan dalam Astrobiology Magazine dari NASA, tanpa adanya bulan, kemiringan Bumi hanya bakal bergeser sekitar sepuluh derajat, ditambah dengan pengaruh planet lain di tata surya akan membuat Bumi ini tetap dapat mendukung kehidupan di atasnya.
Para astronom tersebut yakin pula bulan tidak dibutuhkan untuk mendukung kehidupan manusia di planet-planet lain di alam semesta. "Telah lama ilmuwan mengira bahwa tanpa bulan, kemiringan Bumi akan bergeser sampai akhirnya mengalami fluktuasi dan perubahan iklim akibat matahari bersinar hampir langsung ke kutub, dan bisa memmengaruhi evolusi makhluk hidup. Nyatanya tidak. Bumi tidak memerlukan bulan untuk stabil," cetus astronom Jason Barnes, salah seorang yang ikut meneliti.

Dibanding satelit planet lain, bulan termasuk besar. Penelitian ini juga mengungkapkan, dalam setengah meliar tahun Bumi hanya bergeser dari sumbunya sekitar 10 hingga 20 derajat.

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates